Sabtu, 13 Agustus 2016

Sahabat tutorial sehat, kali ini akan sedikit kita bahas tentang arti dari gerakan sholat yaitu berdiri, ruku, sujud dan duduk diantara dua sujud. Nah pertanyaanya mengapa hanya 4 gerakan itu saja yang dibahas, karena gerakan itu merupakan gerakan pokok/dasar dari sholat. Tentu saja ini menjadi penting untuk kita ketahui agar sholat kita semakin khusyuk dan semakin besar kemungkinan untuk bisa lebih terasa kedekatannya dengan Allah SWT.

1. Berdiri

Berdiri bagi yang mampu adalah merupakan rukun sholat, Islam memang memberikan kemudahan bagi pemeluknya dalam hal sholat, yang mana Islam tidak mengharuskan untuk berdiri. Artinya boleh dilakukan tanpa berdiri bagi yang tidak mampu untuk berdiri. Berdiri sendiri artinya adalah bahwa kita diminta untuk TAAT kepada Allah, sebagaimana para malaikat Allah yang tidak pernah membantah akan perintah Allah. Kita tidak boleh membantah apapun perintah Allah karena memang itu adalah sebuah kewajiban kita sebagai hamba Allah untuk beribadah kepadaNya sebagaimana Firman Allah yang artinya :

"Dan tidaklah aku ciptakan Jin dan Manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku (Allah)" QS Ad Dzariyat 56

Ketaatan kita kepada Allah adalah sebuah keharusan, karena bagaimanapun hal itu akan kembali kepada kita. Kita sembah Allah sebagai Tuhan kita maka semua akan kembali kepada kita dimana itu akan temui saat itu juga atau nanti, hal ini berbicara soal dunia dan akhirat  dan kita tentu saja butuh iman yang kuat untuk percaya akan itu semua.

2. Ruku

Rukuk artinya adalah pemberian rasa hormat kita kepada sang Maha Pencipta alam semesta dan manusia serta mahluk lainnya yang ada. Kita sebagai hamba hakikatnya membutuhkan Allah, karena tanpa pertolongan dari Allah maka sesungguhnya kita bukanlah apa-apa. Dalam kehidupan sehari-hari saja kita selalu diajarkan untuk menghormati kepada yang lebih tua dan tentu saja kepada sang Maha Pencipta kita harus sadar betul untuk menghormatinya dalam bentuk ibadah kita sehari-hari.

Tidak ada manusia yang mampu berdiri sendiri, segala yang ada pada kita bahkan termasuk didalamnya kita masih diberi rejeki oleh Allah adalah sebuah rahmat berupa nikmat yang tidak akan pernah mampu untuk kita ukur dengan bilangan angka. Fikirkan saja oleh kita bagaimana jika kita ditahan bernafas dalam hitungan menit saja, bagaimana jika ditahan untuk tidak makan dan minum beberapa hari saja, fikirkan bagaimana jika kita ditahan untuk tidak melihat, mendengar, merasakan sesuatu dalam beberapa hari saja. Tentu kita akan merasa tersiksa karena itu adalah sebuah kenikmatan hidup yang diberikan oleh Allah dengan cuma-cuma.

3. Sujud

Sujud sendiri artinya adalah menghamba kepada Allah. Sadar bahwa kita ada yang menciptakan, kita tidak tercipta sendiri, kita tidak lahir dari batu. Ada Allah yang menciptakan kita, dan tentu saja dengan ini kita seyogyanya menghambakan diri kita kepada Allah, karena kita adalah ciptaan Allah dan kelak kia akan kembali pula kepada Allah. Pernah terbayang dalam benak kita proses penciptaan diri kita, tujuan hidup kita dan kembalinya kita, ketika itu dapat kita pegang erat dan mampu menyadarkan kita maka itu akan membawa kita pada hidup yang damai dan mati pun dalam keadaan damai.

Allah adalah the one and only. Adalah satu-satunya pencipta yang tak ada bandingannya, hal ini yang menjadi alasan kuat bagi kita untuk menghamba kepada Allah. Tentu kita tidak ingin bila kita akan kembali kepada Allah dalam keadaan yang dilaknat Allah atas kesalahan kita didunia, padahal Allah sendiri telah peringatkan kita dengan tegas dan begitu terang diberbagai kitab Allah Al Quran dan kitab terdahulu.

4. Duduk diantara Dua Sujud

Hal ini diartikan meminta, kita punya kewajiban  kepada Allah untuk meminta melalui doa, setelah kita berusaha sekuat tenaga dan fikiran kita, maka langkah selanjutnya adalah meminta kepada Allah melalui doa, jika itu sudah kita laksanakan maka yang kita lakukan selanjutnya adalah tawakal=menerima akan pemberian Allah.

Sodara sekalian, meminta kepada sang Pencipta Alam bukan lah suatu yang memalukan, hal ini malah menjadi kewajiban karena yang memiliki apapun yang ada didunia ini adalah milih Allah. Sombong sekali jika kita menginginkan sesuatu tapi kita kita tidak meminta kepada yang punya. Boleh jadi kita tidak meminta tapi diberi, atau kita meminta kepada selain Allah, tapi tentu itu semua hanya akan menjadikan kita kesusahan di akhirat nantinya. Nah untuk itu mintalah kepada Allah.

Sodara demikian penjelasan singkat tentang 4 gerakan sholat, semoga ini mampu menjadikan kita tahu dan bisa sholat dengan khusyuk dan menjadikan besar kemungkinannya untuk lebih dekat kepada Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.