Rabu, 17 Agustus 2016

Sahabat tutorial sehat, pernahkah Anda berfikir apa sih tujuan hidup kita di dunia ini? Pasti semua memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang tujuan hidup di dunia. Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang tugas hidup manusia di muka bumi ini yang tidak lain dan tidak bukan adalah hanya untuk beribadah kepada Allah sang maha pecipta alam semesta dan semua isinya.

Namun berbeda lagi dengan tujuan hidup kita didunia ini, dan tutorial sehat akan sedikit memberikan penjelasan tentang itu.

1. Tujuan jangka pendek

Tujuan jangka jangka pendek ini adalah tujuan hidup yang ada di dunia ini, dimana kita menginginkan hidup yang baik dengan segala kecukupan kebutuhan hidup baik itu kebutuhan primer, sekunder ataupun tersier. Tentu saja semua orang menginginkan kebaikan itu karena dengan itu mereka akan merasa lebih mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tetapi tidak semua harapan itu akan berjalan sesuai harapan, karena memang Allah mempunyai rencana indah tentang kehidupan manusia, dimana setiap yang mengakui atas ketuhanan Allah maka akan diuji olehNya dengan berbagai macam ujian dunia, baik itu rasa takut kehilangan, takut kekurangan, takut akan kematian.

Adapan tujuan Allah atas itu agar sekiranya Allah benar-benar mendapati hamba yang tangguh imannya yang kelak akan ditempatkan oleh Allah ditempat yang paling indah penuh dengan kenikmatan yaitu syurga. Namun tentunya bagi yang tak kuasa atas ujian Allah atau bahkan tidak mengakui atas ketuhanan Allah, maka Allah akan berikan balasan berupa adzab terhadapnya.

2. Tujuan jangka panjang

Tujuan hidup jangka panjang adalah sebuah keharusan yang harus diupayakan agar mendapatkan nikmat berupa syurga Allah dan terhindar dari adzab Allah yang teramat pedihnya. Tujuan yang dimaksud ini adalah kehidupan sesudah dunia yaitu akhirat dimana kehidupan itulah yang paling kekal, sangat berbeda jauh dengan kehidupan dunia yang hanya bersifat sementara saja.

Ibarat sebuah foto idola artis, ketika kita diberi pilihan antara foto artis dan artis itu sendiri manakah yang akan dipilih?

Maka tentu kita semestinya meimilih artisnya daripada hanya sekedar foto artis itu sendiri. Kita terlalu banyak tertipu dimana kita hanya memilih gebyarnya kehidupan dunia sementara kita lupa akan kehidupan akjirat yang kekal, dimana ketika nikmat yang kita dapat maka kekal kita didalamnya, begitu juga sebaliknya.

Kita bagaikan seorang perantau yang suatu saat akan kembali pada kampunh halaman, tentu saja jika pulang kampung harusnya kita senang dan bahagia. Tapi semua itu akan tercipta mana kala kita punya bekal untuk pulang, bagaimana jika kita pulang kampung tanpa uang saku tanpa bekal? Tentu saja kita belum pasti sampai dirumah, tapi terlunta-lunta itu sudah pasti.

Ingatlah bahwa pulang kampung adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai perantau dibumi ini, kampung halaman kita adalah akhirat, tergantung pada diri sendiri mana yang akan dipilih antara syurga atau neraka. Jika kita pilih syurga maka syarat ketentuannya adalah anda sebagai muslim yang bertaqwa kepada Allah.

Nah sahabat demikian cuplikan tentang dua tujuan hidup kita di dunia ini, semoga kita semua mendapat rahmat Allah sehingga mendapat pertolongan Allah agar apa yang kita inginkan akan tercapai yakni baik kehidupan dunia dan akhirat dengan iman dan taqwa kepada Allah.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.