Minggu, 21 Agustus 2016

1. Dari sahabat Abdillah Bin Mas'ud ra, dari Rosululloh SAW bersabda "bahwa riba itu terbagi 73 macamnya, yang paling ringan dari itu dosanya melebihi menikahi ibu kandungnya sendiri

2. Dosa bagi yang memakan harta riba lebih dari dosa melakukan zina sebanyak 33 kali sementara dia adalah muslim

3. Seorang lelaki yang memakan harta riba satu dirham saja, maka baginya dosa lebih besar dari zina sebanyak 36 kali.

Itu adalah beberapa hadits tentang riba, dimana riba itu sendiri adalah harta yang diperoleh dengan cara yang dilarang agama, sebagaimana contoh kita meminjamkan uang sementara kita menetapkan baginya bunga. Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita tahu bagaiman rentenir bekerja, dalam islam antara peminjam dan yang memberikan pinjaman adalah sama-sama dosanya.

Didalam kehidupan sehari-hari riba adalah perkara yang begitu sulit untuk dihindari terlebih saat ini perkara riba banyak memberikan kemudahan dan berbagai macam penawaran yang awalnya menggiurkan, tapi begitu banyak yang kemudian terjebak dan justru mempersulit dirinya sendiri.

Sahabat Tutorial sehat, sebagai manusia yang oleh Allah diciptakan dengan baik, dilengkapi dengan akal, tentu saja kita harus mampu menghindari itu semua, atau setidaknya mampu meminimalisir. Karena perlu kita ketahui bahwasanya harta benda yang kita kejar mati-matian itu sebenarnya hanyalah alat.

Alat untuk kekuatan diri kita beribadah kepada Allah, bukan sebaliknya yang menjadikan harta benda itu tujuan utama sehingga kita lupa kepada Allah. Karena kita dari Allah dan kelak akan kembali kepada Allah. Harta tak akan kita bawa karena itu tak akan berguna.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.